Cara Memperbaiki WIFI Android Error dan Tidak Terhubung

Kita dimudahkan dengan adanya teknologi, salah satunya android. Agar tetap terhubung dengan jaringan internet, Anda harus mengisinya dengan pulsa kuota ataupun menyambungkannya dengan wifi yang kini tersedia di berbagai tempat. Menyambungkannya dengan wifi adalah cara yang mudah dan murah. Namun, apakah android Anda dapat terhubung dengan wifi atau malah hostpot tidak bisa on? Jika tidak, mari simak cara memperbaiki wifi android error dan tidak terhubung dibawah ini.

Mengatur Wifi Android yang Tidak Terhubung

Gagal terhubung dengan wifi padahal Anda sangat membutuhkannya tentunya bukan sesuatu yang menyenangkan. Banyak hal yang menyebabkan kenapa wifi android tidak berfungsi, misal lokasi router terlampau jauh atau cache sudah banyak sekali. Namun, tenanglah. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar wifi dapat tersambung ke android Anda. Silahkan coba beberapa dari cara memperbaiki wifi android error dan tidak terhubung berikut ini.

1. Periksa wifi

Sebaiknya Anda cek terlebih dahulu bagaimana sambungan wifi di perangkat lain. Jika tidak terhubung, maka wifinya yang bermasalah. Namun jika pada perangkat lain tersambung dengan baik, itu berarti HP android Anda yang error. Selain itu, cek berapa kapasitas perangkat yang dapat tersambung ke wifi dengan cara update wifi android.

2. Restart

Jika Wifi tidak bisa diaktifkan, salah satu langkah awal yang harus Anda coba adalah merestart android Anda. Setelah itu, cobalah untuk mengatur ulang wifi dengan menghapus daftar jaringan wifi dan menyambungkan kembali. Jika cara ini belum berhasil, silahkan coba cara berikutnya.

3. Cek Waktu dan Tanggal

Cara memperbaiki wifi android error dan tidak terhubung satu ini sangat sederhana. Internet melalui wifi tidak dapat diakses jika pengaturan tanggal dan waktu pada perangkat Anda tidak sesuai. Oleh karena itu, pastikan tanggal dan waktu di HP android sesuai dengan sebenarnya. Anda juga dapat mengaturnya sesuai dengan pengaturan dari operator.

4. IP Statis

Pada beberapa kasus, conflig IP pada android yang menyebabkan android tidak terhubung dengan wifi. Langkah untuk mengganti IP statis yang pertama adalah membuka setelan pada android lalu aktifkan wifi dan tahan selama beberapa detik. Setelah itu, pilih ubah jaringan > tampilkan opsi dan beri tanda centang. Pada opsi lanjut, ubah DHCP menjadi statis. Akan muncul angka dan ubahlah angka terakhir dengan bebas.

5. Menggunakan Aplikasi

Terkadang Wifi tidak bisa diaktifkan pada android karena jaringannya terlalu lemah. Ada beberapa aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk memperbaiki jaringan wifi agar lebih kuat, misalnya Wifi Fixer. Wifi Fixer juga dapat mengatasi masalah saat Wifi sedang mencari alamat IP.

6. Membawa ke Service Center

Ini merupakan langkah terakhir yang harus Anda lakukan jika wifi tetap tidak terhubung. Jika cara memperbaiki wifi android error dan tidak terhubung diatas tidak berhasil, kemungkinan hardware wifi pada android rusak dan bawalah ke service senter. Hardware wifi dapat diperbaiki maupun diganti, tergantung pada tingkat kerusakan. Sebaiknya Anda membawa HP anda ke service center yang disediakan merek HP Anda agar terjamin.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda coba agar Anda terhubung dengan wifi melalui android. Kini anda tak perlu risau lagi karena dapat memanfaatkan fasilitas wifi dimanapun secara gratis dan berhemat pulsa kuota. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.